M Yazid Bilang, IMO Harus Mempertegas Jatidirinya

Tokoh pers senior Sumatera Utara, M Yazid menyarankan, agar Ikatan Media Online (IMO) Indonesia mempertegas jatidirinya, apakah sebagai organisasi media atau organisasi wartawan

topmetro.news – Tokoh pers senior Sumatera Utara, M Yazid menyarankan, agar Ikatan Media Online (IMO) Indonesia mempertegas jatidirinya, apakah sebagai organisasi media atau organisasi wartawan. Hal ini penting, agar IMO Indonesia bisa menempatkan diri dalam sistem perundang-undangan di Indonesia.

M Yazid menyampaikan hal itu saat menerima silaturrahim DPW IMO Sumatera Utara di kediamannya, Jumat (9/2/2024).

Silaturrahim DPW IMO Sumatera Utara ke kediaman tokoh pers nasional ini adalah dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional Tahun 2024 yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2024.

Hadir dalam silaturrahim itu, HA Nuar Erde (ketua), Fajar Trihatya (sekretaris), Harun Al Rasyid dan Erland Pangabean (wakil ketua), M Isya dan Slamet Purba (wakil sekretaris), Syaiful Bahri (bidang organisasi), dan Vivi Savitri dan Ratih Ayu (sekretariat).

M Yazid merasa senang dan gembira dapat kunjungan dari DPW IMO Sumut. ia pun berjanji akan mendukung dan membantu secara maksimal pengembangan IMO di Sumatera Utara. Terutama dalam hal peningkatan kapasitas wartawan IMO.

“Saya terharu kalian berkunjung ke kediaman saya pada Hari Pers Nasional ini. Insya Allah saya mendukung sepenuhnya program kerja IMO Sumut dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas anggota IMO melalui pelatihan dan diskusi tentang jurnalistik,” kata mantan Kepala Cabang LKBN Antara Sumatera Utara ini.

Dalam kesempatan itu, M Yazid menyatakan agar sebagai organisasi media, IMO harus mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Misalnya perusahaan media harus mempunyai badan hukum yang sah dan terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM.

Media yang tergabung dalam IMO harus profesional dan mempunyai manajemen yang jelas antara pekerja media dan pekerja pers. Harus ada job yang jelas antara keduanya, mana yang tugas jurnalistik dan mana yang tugas perusahaan.

Sekolah Jurnalistik

Menanggapi hal itu, Ketua DPW IMO Sumut HA Nuar Erde menyambut baik saran dan masukan dari tokoh senior ini. Ia mengatakan, pihaknya akan menyampaikan masukan dan saran itu dalam Munas IMO yang akan datang.

Selanjutnya Nuar Erde menjelaskan, pengurus DPW IMO Sumut telah menyusun berbagai program kerja peningkatan kapasitas wartawan IMO. Yakni melalui program Sekolah Jurnalistik IMO yang akan berlangsung di berbagai kabupaten/kota.

Dalam bidang sosial, DPW IMO Sumut akan selalu menjalin silaturrahim dengan tokoh-tokoh pers senior. Utamanya untuk meminta masukan dan saran pengembangan IMO di Sumatera Utara.

“Pada Hari Senin tanggal 12 Februari 2024 ini dalam rangka Hari Pers Nasional kami akan mengadakan ‘focus group discussion’ (FGD) bertema ‘Peran Media Mensukseskan Pemilu Berkualitas’. Kegiatan ini diadakan berkat kerjasama dengan Dewan Harian Daerah 45 Sumatera Utara. Akan tampil sebagai narasumber pakar komunikasi Dr Eddy Syofian MAP dan Dr Nispul Khoiri MAg.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment